Cerita "Chapter 13 - Dusknoir Secret" dalam Pokemon Mystery Dungeon: Explorers of Time & Explorers o

Ketika semua orang berkumpul di alun-alun, Azelf bertemu kembali dengan Mesprit dan Uxie. Dusknoir juga ada di sana dan dia mengungkapkan bahwa Grovyle telah lolos selama pengejaran. Mitra menanyakan Dusknoir tentang sejarah mereka dengan Grovyle, Magnezone menyela sehingga Dusknoir dapat melanjutkan pengumuman. Magnezone mengungkapkan bahwa Time Gear di Crystal Lake oleh Dusknoir, tetapi Dusknoir mengungkapkan Grovyle akan mencoba mencuri Time Gear lagi dan ada lebih banyak cerita daripada yang diketahui siapa pun. Dusknoir mengakui bahwa dia mengenal Grovyle sebelum pencurian dan bahwa Grovyle adalah penjahat terkenal dari masa depan.
Untuk menghindari penangkapan di masa depan Grovyle pergi ke masa lalu dan merencanakan untuk menyebabkan kelumpuhan planet, keadaan di mana waktu dunia membeku. Semakin banyak Time Gear yang dicuri, maka time freeze yang disebabkan oleh pencuriannya akan semakin menyebar hingga seluruh dunia tidak bergerak yang memungkinkan akan terjadi kehancuran. Masalah saat ini dengan waktu sedang menyebabkan pencurian Time Gears. Corphish bertanya kepada Dusknoir, bagaimana dia tahu banyak tentang Grovyle dan rencananya dan Dusknoir menjawab bahwa dia juga berasal dari masa depan. Dia menjelaskan bahwa dia dikirim dari masa depan untuk menangkap Grovyle dan menggunakan pengetahuan dari masa depan untuk membantu pencariannya, begitulah cara dia menjadi sangat berpengetahuan. Untuk merahasiakan pengetahuannya dari Grovyle, Dusknoir menyembunyikan identitasnya saat dia mencari.
Semua orang menawarkan bantuan mereka untuk menghentikan Grovyle dan Dusknoir mengumpulkan mereka dan Azelf membuat rencana. Untuk mendapatkan kristal yang menghalangi Time Gear, Grovyle harus mengalahkan Azelf dan rencananya adalah menggunakan fakta itu untuk melawan Grovyle. Rencana Uxie, Mesprit, dan Azelf adalah menyebarkan desas-desus bahwa ketiganya akan menyegel Time Gear, mencegahnya dicuri. Ini akan memprovokasi dan memancing Grovyle untuk mencoba pencurian lain di mana dia bisa dikorupsi. Dusknoir membagikan rencananya dan meminta semua orang untuk menyebarkan desas-desus untuk menjebaknya. Namun, Dusknoir menyatakan dia sendiri yang akan menghadapi Grovyle karena pesta besar akan memperingatkannya tentang jebakan. Dusknoir, Azelf, Uxie, dan Mespirit kembali ke Crystal Lake dan Pokémon lainnya menggunakan upaya mereka untuk menyebarkan desas-desus akan melanjutkan tugas guild mereka.